Penyebab Jantung Koroner Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Mengetahui penyebab jantung koroner merupakan salah satu langkah penting agar bisa terhindari dari penyakit mematikan ini, untuk itu selain mengetahui ciri atau gejala jantung koroner penting juga bagi kita untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab atau pemicu timbulnya penyakit jantung koroner, dan berikut kami berikan informasi seputar penyebab jantung koroner pada wanita dan pria berikut cara mengatasinya silahkan disimak !

Penyebab Jantung Koroner

Penyebab Jantung Koroner Pada Wanita Dan Pria

Jantung korner adalah penyakit paling mematikan didunia, di indonesia sendiri angka kematian akibat penyakit jantung koroner terbilang tinggi bahkan hampir seperempat dari jumlah angka kematian di indonesia disebabkan oleh jantung koroner.

Hal tersebut jelas menunjukan bahwa penyakit jantung koroner dikategorikan sebagai penyakit berbahaya, celakanya penyakit jantung koroner termasuk kedalam penyakit yang tidak memiliki gejala sepesifik atau dengan kata lain tidak memiliki gejala khusus sehingga banyak pasien yang tidak menyadari dirinya mengidap penyakit jantung koroner.

Bahkan sebagian besar pasien beranggap gejala jantung koroner yang muncul hanyalah gejala penyakit ringan seperi sakit ulu hati atau maag mengingat gejala yang muncul hampir mirip dengan penyakit lain yang masuk dalam kategori ringan sehingga banyak yang menyepelekan gejala yang muncul.

Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi kita semua mengetahui dan mencari tahu akan ciri atau gejala jantung koroner.

Selain gejala, penyebab jantung koroner juga sama pentingnya kita ketahui sebagai salah satu tindakan pencegahan, karena dengan kita mengetahui penyebabnya maka otomatis kita dapat mengurangi ataupun mengindari hal-hal yang bisa meningkat resiko terkena penyakit jantung koroner .

Hal tersebut tentunya sesuai dengan pepatah bijak yang mengatakan bahwa ” MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI “.

Penyakit jantung koroner sendiri terjadi ketika pembuluh darah arteri tersumbat oleh plak yang terdiri dari tumpukan kolesterol dan substansi lain akibat radikal bebas yang masuk kedalam tubuh atau yang dalam istilah medis disebut dengan atherosclerosis.

Akibat penyumbatan tersebut otot jantung akan kekurangan oksigen sehingga jantung tidak dapat bekerja dengan semestinya, mengingat fungsi dari arteri dijantung adalah sebagai pembawa oksigen dalam darah ke jantung sehingga jantung dapat menjalankan fungsinya dengan normal.

Jadi penyebab jantung koroner paling utama adalah tersumbatnya saluran arteri di organ jantung sehingga aliran darah ke jantung tidak normal dan dalam kasus yang lebih parah aliran darah terblok sehingga jantung sama sekali tidak mendapatkan suplai darah dan oksigen ( gagal jantung ), jika kondisi tersebut terjadi maka bisa menyebabkan orang mati mendadak.

Lalu apa saja hal yang bisa mengakibatkan terjadinya penyumbatan arteri atau dengan kata lain secara tidak langsung menjadi penyebab jantung koroner ?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner yang perlu perhatikan, yakni :

1.Merokok

Kebiasaan buruk merokok adalah penyeba utama yang bisa memicu penyakit jantung koroner, hal tersebut karena didalam asam rokok terkandung nikotin dan karbon monoksida yang bisa menyebabkan jantung bekerja lebih cepat.

Selain itu kandungan nikotin dan karbon monoksida pada asap rokok juga menyebabkan darah menggumpal di arteri serta terjadinya penebalan ateri yang menyebabkan arteri tersumbat.

2.Kolesterol Tinggi

Jumlah kolesterol yang tidak seimbang dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan utamanya jika jumlah kadar kolesterol jahat lebih tinggi ( kolesterol tinggi ).

Masalah kesehatan utama yang muncul akibat kolesterol tinggi adalah stroke dan penyakit jantung koroner.

Hal tersebut karena ketika jumlah kolesterol jahat dalam tubuh tinggi maka akan menumpuk dan mengendap di pembuluh darah sehingga terjadilah penyumabatan dan pengerasan pembuluh darah.

3.Menderita Penyakit Diabetes

Orang yang mengidap penyakit diabetes 2x lipat lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner atau bisa dibilang penyakit jantung koroner adalah komplikasi dari penyakit diabetes.

Hal tersebut karena penderita diabetes kemungkinan memiliki lapisan arteri lebih tinggi dibandingkan dengan orang normal.

4.Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Memiliki tekanan darah tinggi tenyata tidak boleh dianggap sepele selain bisa memicu timbiulnya penyakit stroke, tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung koroner.

Untuk itu jika saat ini anda memiliki tekanan darah tinggi maka sebisa mungkin anda sering melakukan pemeriksaan.

5.Faktor Keturunan

Jika anda memiliki anggota keluarga mengidap penyakit jantung koroner utamanya ayah maka anda beresiko tinggi terkena penyakit jantung.

6.Obesitas

Hasil sebuah study menunjukan bahwa orang yang memiliki berat badan berlebuh ( obesitas ) memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung koroner, hal tersebut karena lemak berlebih yang ada didalam tubuh dapat memblokir pembuluh darah.

Salah satu penyebab seseorang memiliki berat badan berlebih adalah karena pola makan yang tidak teratur dan jarang berolahraga.

Selain itu stres yang berkepanjangan, kurang istirahat, kurang tidur dan diet yang salah juga bisa memicu penyakit jantung koroner.

Cara Mengatasi Penyakit Jantung Koroner Yang Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah

Bagi anda yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung koroner maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindari dari penyakit jantung koroner, yakni :

  1. Jalan pola hidup yang lebih sehat
  2. Kontrol tekanan darah
  3. Kurangi konsumsi minuman beralkohol
  4. Rajin berolahraga
  5. Berhenti merokok
  6. Hindari stres
  7. Konsumsi obat herbal jantung koroner

Salah satu obat herbal jantung koroner yang bisa  anda pilih dan paling DIREKOMENDASIKAN adalah Walatra Jelly Gamat yakni obat herbal ekstrak teripang atau gamat emas yang telah terbukti mampu meringankan gejala dan menyembuhkan penyakit jantung koroner sehingga sangat tepat dijadikan sebagai cara mengobati jantung koroner tanpa operasi.

Demikian informasi tentang penyebab jantung koroner dan cara mengatasinya ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Kunci utama utama untuk bisa terhindari dari penyakit jantung koroner adalah melakukan gaya hidup yang sehat dan rajin berolahraga.

Jangan lupa bagikan artikel sederhana ini jika anda rasa bermanfaat, mari budayakan berbagi demi kebaikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *