Upaya Pencegahan Jantung Koroner Sederhana

Melakukan upaya pencegahan adalah cara paling tepat untuk bisa terhindari dari bahaya penyakit jantung koroner yang bisa menyebabkan kematian, berikut inilah adalah bagaimana pencegahan jantung koroner yang mudah dilakukan oleh semua orang agar bisa terhindari dari penyakit jantung koroner.

Pencegahan Jantung Koroner

Upaya Pencegahan Jantung Koroner

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh tanpa jantung kita tidak bisa hidup, untuk itu ketika jantung mengalami ganggu sehingga fungsi dari jantung terganggu maka jela akan sangat merugikan karena bisa menimbulkan gangguan serius yang mengancam jiwa.

Salah satu gangguan atau penyakit jantung yang paling sering ditemukan kasusnya adalah penyakit jantung koroner yakni kondisi dimana saluran arteri jantug tersumbat sehingga pasokan oksigen yang berada dalam darah terhambat, akibatnya fungsi jantung menurun karena otot jantung mengalami kerusakan.

Jika kondisi tersebut terjadi, maka dapat menyebabkan kematian secara mendadak dan inilah bahaya paling serius dari penyakit jantung koroner.

Saat ini penyakit jantung adalah pembunuh nomer satu di seluruh dunia, bahkan dinegera kita indonesia hampir seperempat dari jumlah kematian penyebabnya adalah jantung koroner.

Atas dasar itulah maka sangat penting bagi kita semua melakukan upaya pencegahan jantung koroner, utamanya bagi anda yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung koroner maka hukumnya wajib bagi anda melakukan berbahaya upaya pencehahan guna meminimalisir resiko terkena penyakit jantung koroner.

Tips Pencegahan Jantung Koroner

Berikut ini adalah upaya pencegahan jantung koroner sederhana yang mudah dilakukan oleh semua orang, tips ini kami ambil dari yayasan jantung indonesia, yakni :

  • Rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah, hal tersebut bertujuan agar tekanan darah kita bisa lebih terkontrol dan ini yang penting untuk pertama kali dilakukan dalam pencegahan jantung koroner.
  • Jangan merokok, mulai saat ini berhentilah merokok jika anda ingin terbebas dari penyakit jantu koroner, karena asap rokok mengandung zat kimia yang mampu meningkatkan resiko terkena penyakit janung koroner. Dan bagi anda yang tidak merokok anda juga wajib menghindari asap rokok karena paparan asap rokok dari orang lain juga mampu menyebabkan jantung koroner.
  • Periksa kadar gula darah anda, apabila kadar gula anda tinggi maka upaya agar kembali stabil karena kandungan gula darah yang tinggi adalah tangga menuju jantung koroner.
  • Jaga bentuk badan agar tetap ideal atau dengan kata lain jangan sampai berat badan anda berlebih ( obesitas ), karena orang yang memiliki berat badan berlebih beresiko tinggi terkena penyakit jantung koroner.
  • Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi.
  • Selalu berfikir positif dan hindari stres.
  • Lakukan olahraga teratur, tidak perlu olahraga yang berat anda cukup joging minimal 3 kali dalam seminggu serta tidak perlu lama paling tidak 30 menit waktu yang sudah cukup bagi kita untuk bisa terhindari dari penyakit jantung koroner, atau anda juga bisa melakukan senam jantung.
  • Melakukan check up medis secara teratur
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Memperbaiki pola hidup, salah satunya ialah jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan berpengawet atau dalam kemasan.

Itulah beberapa poin yang bisa anda lakukan sebagai upaya pencegahan jantung koroner, dengan anda melakukan beberapa hal tersebut maka resiko terkena penyakit jantung koroner dapat diminimalisir, utamanya anda yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung koroner.

Bagi anda yang ingin melakukan senam jantung, berikut adalah video bagaimana cara melakukan senam jantung.

Demikianlah informasi tentang pencegahan jantung koroner ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat serta bisa menambah wawasan anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

sumber materi :
ww.inaheart.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *