Makanan Penyebab Jantung Koroner

Inilah daftar makanan penyebab jantung koroner yang sering kita konsumsi sehari-hari, dan mulai saat ini sebaiknya kita kurangi dan hindari sebisa mungkin.

Makanan Penyebab Jantung Koroner

Makanan Penyebab Jantung Koroner

Salah satu faktor penyebab munculnya penyakit jantung koroner adalah berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Maka dari itu sangat penting bagi kita mengetahui apa saja makanan tersebut agar bisa mengontrol konsumsi makanan tersebut sehingga kita bisa terhindari dari penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner ( PJK ) adalah kondisi dimana terhambatnya pasokan darah yang menuju ke otot jantung akibat dari arteri jantung mengalami penyempitan atau peyumbatan oleh plak atau yang dalam istilah medis disebut dengan ateroskelosis.

Plak sendiri adalah tumpukan kolesterol dan substansi lainnya, seperti kalsium dan fibrin yang dapat mengurangi elastisitas pembuluh darah arteri serta mengganggu sirkulasi darah.

Semakin besar plak yang tercipta maka semakin sempit pembuluh arteri sehingga suplai darah kaya oksigen yang dibutuhkan jantung akan sedikit sehingga timbullah gejala jantung koroner.

Tidak hanya itu, plak juga bisa telepas yang mengakibatkan pembuluh darah arteri tersumbat sehingga menyebabkan serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian.

Terbentuknya plak dalam arteri jantung atau penyebab jantung jantung koroner hingga saat ini belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan terjadinya ateroskelosis, yakni :

  • Merokok
  • Kolesterol tinggi
  • Diabetes
  • Terjadinya penggumpalan darah
  • Tingginya tekanan darah

Selain itu, gaya hidup yang jauh dari kata sehat juga bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit jantung koroner salah satunya adalah kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsi atau asal makan saja tanpa memperhatikan dampak yang akan timbul jika mengkonsumsi makanan tesebut secara terus menerus.

Selain itu kurangnya aktivitas fisik atau jarang berolahraga juga bisa menjadi salah satu faktor seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Daftar Makanan Penyebab Jantung Koroner

Berbicara mengenai makanan maka ada banyak makanan penyebab jantung koroner yang sadar atau tidak sering kita konsumsi sehari-hari, apa saja makanan tersebut ?

Berikut ini adalah daftar makanan penyebab jantung koroner yang sebaiknya kita hindari dan kurangi, yakni :

1.) Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang murah dan mudah didapat, dimana makanan ini bisa menjadi cemilan yang nikmat utamanya jika dimakan saat anget-anget.

Namun dibalik itu semua ternyata gorengan bisa menyebaban jantung koroner jika dikonsumsi secara terus menerus.

Alasannya karena gorengan mengandung lemak jenuh yang dihasilkan pada proses penggorengan, tidak hanya itu penggunaan minyak bekas gorengan yang terus menerus juga bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

2.) Telur

Walapun telur termsuk kedalam makanan empat sehat lima sempurna ternyata konsumsi telur secara berlebihan bisa menyebakan penyakit jantung koroner, hal tersebut karena kuning telur mengandung kolesterol tinggi yang jika dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan jumlah kolesterol dalam darah kita menjadi tinggi.

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor pemicu penyakit jantung koroner dan stroke, itulah sebabnya telur masuk kategori makanan penyebab jantung koroner.

Bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi teluar, namun dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajah karena telur juga bagus untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita.

3.) Garam ( Makanan Asin )

Jika anda sering mengkonsumsi makanan asin maka anda bisa terkena penyakit jantung koroner karena konsumsi makanan asin dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kerja jantung terganggu sehingga lama kelamaan jantung akan mengalami kerusakan.

4.) Makanan Berlemak

Lemak berlebih dalam tubuh bisa memicu timbulnya berbagai penyakit mulai dari jantung koroner, darah tinggi hingga menyebabkan stroke. Untuk itu sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berlemak tinggi jika anda ingin terbebas dari beberapa penyakit tersebut.

Karena sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi bisa memicu naiknya jumlah lemak dalam tubuh kita, jika sudah begitu maka kita akan mudah terserang berbagai penyakit.

Contoh makanan berlemak tinggi : daging merah, kelapa sawit, susu, pure kentang, es krim, kripik kentang, makanan cepat saji dan minuman bersoda.

5.) Makanan Ringan

Makanan ringan merupakan cemilan yang mudah dan mudah didapatkan sehingga sangat banyak orang yang suka akan makanan ringan atau makanan yang diproduksi oleh pabrik.

Namun lagi-lagi makanan tersebut bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung koroner karena biasanya makanan tersebut menggunakan bahan pengawet, bahan pengawet inilah yang berbahaya bagi tubuh sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari salah satunya adalah penyakit jantung koroner.

Itulah 5 jenis makanan penyebab jantung koroner yang jika dijabarkan secara detail akan sangat banyak, namun intinya bagi anda yang ingin terhindari dari penyakit jantung koroner maka sebaiknya anda mengurangi dan menghindari lima jenis makanan tersebut.

Dan yang paling penting adalah jalankan gaya hidup sehat dan lakukan olaharaga secara rutin dan teratur maka niscaya kesehatan kita akan senantiasa terjaga.

Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak, salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *