Gejala Jantung Koroner Pada Wanita Dan Pria

Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian secara mendadak, hal tersebut karena banyak orang yang tidak mengetahui gejala jantung koroner, untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui dan mencari tahu akan tanda atau gejala penyakit jantung koroner.

Mengingat semakit cepat penyakit jantung koroner dideteksi dan ditangani maka semakin besar peluang untuk besar dan terbebas dari bahaya jantung koroner.

Gejala Jantung Koroner

Gejala Jantung Koroner Pada Wanita Dan Pria

Jantung koroner merupakan jenis penyakit jantung yang paling sering terjadi, yang muncul akibat dari terjadinya penyempitan hingga penyumbatan arteri jantung yang mengakibatkan otot jantung kekurangan oksigen sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyempitan arteri jantung adalah radikal bebas, kebiasaan buruk merokok, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes  dan obesitas atau kegemukan.

Penyakit jantung koroner termasuk kedalam penyakit berbahaya karena bisa menyebabkan kematian, bahkan hampir seperempat dari jumlah angka kematian disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Celakanya penyakit jantung koroner temasuk kedalam penyakit yang tidak memiliki gejala spesifik sehingga kebanyakan orang menganggap gejala jantung koroner sebagai gejala penyakit ringan sehingga sering mengabaikannya.

Bahkan banyak yang beranggapan atau menyalah artikel gejala jantung koroner sebagai sakit di hulu hati atau maag. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk lebih jeli memperhatikan dan membedakan mana gejala penyakit jantung koroner dan mana penyakit ringan biasa.

Berikut ini adalah beberapa gejala jantung koroner yang perlu diwaspadai utamanya bagi anda yang memiliki usia diatas 50 tahun serta memiliki resiko terkena penyakit jantung koroner, yakni :

1.Nyeri Dada

Seseorang yang terkena penyakit jantung koroner biasanya akan merasakan nyeri dada. Namun tidak semua nyeri dada karena penyakit jantung koroner, nyeri dada yang disebabkan oleh jantung koroner biasanya dibagian dada kiri atau yang dalam istilah medis disebut dengan angina.

Munculnya nyeri dada tersebut akibat dari kurangnya asupan oksigen pada bagian otot jantung, bahkan pada kasus yang lebih buruk nyeri dada bisa disertai kejang atau kram karena kekurangan oksigen.

2.Mual dan Penurunan Nafsu Makan

Secara umum bagian pembuluh darah yang tersebut adalah LAD yang menuju kedepan dan bagian bawah jantung, sehingga seseorang yang menderita penyakit jantung juga bisa mengalami gejala atau keluhan berupa kembung dan gejala masuk angin.

3.Sering pusing

Penderita jantung koroner juga bisa mengalami pusing, hal tersebut sebagai akibat dari kurangnya pasokan darah serta terganggunya sirkulasi darah karena jantung tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya.

4.Keringat berlebih

Seseorang yang terkena penyakit jantung koroner juga akan berkeringan lebih padahal tidak sedang melakukan aktivitas berat, keringat yang keluar bisa berupa keringat dingin ataupun keringat panas.

5.Detak Jantung Lebih Cepat

Akibat dari kurangnya pasokan oksigen ke jantung maka akan memaksa jantung untuk memompa lebih keras yang ditandai dengan detak jantung akan lebih cepat. Itulah sebabnya mengapa detak jantung yang lebih cepat termasuk kedalam gejala jantung koroner.

6.Sesak Nafas

Orang yang mengalami penyakit jantung koroner juga akan mengalami kesulitan bernapas yakni berupa sesak nafas. Hal tersebut muncul akibat dari kurangnya pasokan oksigen kejantung sehingga akan menstimulasi tubuh untuk menarik nafas lebih cepat dan lebih panjang dari biasanya.

Jika dirasa saat ini atau orang terdekat anda merasakan beberapa keluhan diatas maka segera temui dokter guna mendapatkan kepastian tentang penyakit yang diderita. Selain itu andapun bisa mendapatkan penanganan yang tepat sehingga hal buruk yang bisa terjadi bisa dihindari.

Dan untuk meringankan gejala yang muncul, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan yakni berupa :

  1. Jalan pola hidup yang lebih sehat
  2. Kontrol tekanan darah
  3. Kurangi konsumsi minuman beralkohol
  4. Rajin berolahraga
  5. Berhenti merokok
  6. Hindari stres
  7. Konsumsi obat tradisional jantung koroner

Selain untuk meringankan gejala konsumsi obat tradisional juga bisa menjadi alternatif pengobatan jantung koroner, utamanya bagi anda yang ingin sembuh dari penyakit jantung koroner tanpa operasi maka konsumsi obat tradisional bisa menjadi opsi dan pilihan terbaik yang layak untuk anda coba.

==> Obat Tradisional Jantung Koroner Paling Direkomendasikan

Demikianlah informasi tentang gejala jantung koroner ini, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel singkat ini bermanfaat.

sumber materi :
http://www.inaheart.or.id/artikel/146-waspadai-6-gejala-jantung-koroner-ini/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *