Akibat Jantung Koroner Yang Ditimbulkan

Akibat jantung koroner yang timbul bisa sangat membahayakan karena bisa menyebabkan kematian, itulah sebabnya sangat penting bagi anda yang terindikasi memiliki gejala jantung koroner untuk segera melakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang serius, sehingga hal buruk akibat penyakit jantung koroner bisa dihindari.

Selain menyebabkan kematian ada beberapa akibat lain yang bisa muncul akibat penyakit jantung koroner, apa saja itu ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Akibat Jantung Koroner

Akibat Jantung Koroner Yang Ditimbulkan

Hal terburuk yang ditimbulkan akibat jantung koroner adalah kematian secara mendadak, hal tersebut bukan isapan jempol belaka melainkan fakta dimana hampir seperempat dari angka jumlah kematian di indonesia disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner terjadi ketika arteri atau saluran darah kejantung mengalami penyempitan atau penyumbatan oleh plak yang terdiri dari tumpukan kolesterol yang meradang serta substansi lain yang berasal dari radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.

Akibat penyempitan atau penyumbatan tersebut aliran darah yang memasok ke jantung akan berkurang bahkan terhambat sehingga jantung tidak mendapatkan cukup asupan oksigen yang diperlukan sehingga fungsi dari jantung menjadi berkurang dan lama kelamaan kondisi tersebut bisa mengakibatkan rusaknya otot jantung yang ditandai dengan muncul nyeri pada dada kiri ( angina ) dan sesak napas.

Namun jika aliran darah pada jantung terblok maka bisa memicu terjadinya serangan jantung yang apabila tidak segera mendapatkan penanganan akan mengakibatkan kematian. Bahkan saat ini penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian tertinggi di dunia.

Ada 5 faktor utama yang bisa meningkat resiko terkena penyakit jantung koroner, yakni :

  1. Merokok
  2. Kolesterol tinggi
  3. Tekanan darah tinggi
  4. Kadar gula tinggi
  5. Trombosis ( penggumpalan darah di arteri )

Nah, jika anda mengalami salah satu dari kelima penyebab jantung koroner tersebut utamanya lebih dari satu maka anda beresiko tinggi terkena penyakit jantung koroner sehingga anda harus behati-hati dan segera melakukan tindakan preventif sehingga akibat jantung koroner yang bisa terjadi bisa dihindari.

Berikut ini adalah beberapa akibat jantung kroner yang ditimbulkan ketika tidak segera diatasi dan mendapatkan penanganan yang serius dan tepat, yakni :

1) Mengalami Gagal Jantung

Ketika aliran darah pada jantung terhambat maka otomatis pasokan oksigen akan berkurang, kondisi tersebut bisa menyebabkan jantung tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya dan lama kelamaan otot jantung akan mengalami kerusakan.

Akibatnya jantung mungkin menjadi terlalu lemah dalam memompa darah atau bahkan tidak dapat bekerja lagi ( gagal jantung ) dan kondisi ini jelas sangat berbahaya karena jika jantung tidak mampu bekerja lagi maka akan berdampak pada kerusakan organ vital lain dalam tubuh seperi ginjal dan liver.

2) Detak Jantung Menjadi Tidak Normal

Detak jantung yang tidak normal dalam istilah medis disebut dengan aritmia dan ada tiga jenis arimia jantung, pertama detak jantung melambat, kedua detak jantung cepat dan ketiga vibrilasi yakni tidak efektifnya antara masuk dan keluarnya dari dijantung.

Aritmia jantung bisa menyebabkan jantung kehilangan fungsinya dalam memompa darah hingga menyebabkan serangan jantung.

3) Serangan Jantung

Jika plak yang tertimbun di arteri jantung memenuhi seluruh ruangan arteri yakni terblok atau tersumbat maka dapat memicu serangan jantung sebagai akibat dari jantung sama sekali tidak mendapatkan aliran darah sehingga jantung tidak dapat menjalankan fungsinya karena mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi bergantung kepada seberapa cepat penderita mendapatkan penanganan dan pertolongan medis dan apabila tidak mendapatkan penanganan medis maka penderita bisa meregang nyawa, dan inilah akibat jantung koroner yang paling berbahaya.

4) Penyakit Arteri Lainnya

Selain tersumbatnya arteri jantung, penumpukan kolesterol juga bisa mempengaruhi arteri lainnya seperti arteri yang menuju ke otak yang bisa memicu penyakit stroke dan arteri yang menuju ke kaki atau yang dalam istilah medis disebut dengan Penyakit Arteri Perifer.

Demikianlah informasi singkat tentang akibat jantung koroner yang ditimbulkan ketika tindak segera diatasi dan diobati, untuk itu sangat penting bagi anda yang saat ini terindikasi mengalami tanda atau gejala penyakit jantung koroner untuk melakukan penanganan dan pengobatan secepat mungkin, dengan begitu maka hal paling buruk yang bisa terjadi akibat penyakit jantung koroner bisa hindari.

Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *